Test

terima kasih telah mengunjungi blog saya

Senin, 24 Oktober 2011

Penerapan Telematika pada bidang E-Learning

        Telematika sekarang ini sudah menjadi salah satu teknologi yang sangat dibutuhkan bagi manusia. Telematika juga sudah merambah ke banyak bidang misalnya dibidang bisnis, ekonomi, pemerintahan, pendidikan, keamanan dll. Saya akan coba membahas penerapan Telematika di bidang pendidikan atau yang sering disebut juga E-learning.
         E-learning mungkin sekarang-sekarang ini sudah sering kita dengar khusunya bagi siswa,  mahasiswa ataupun masyarakat yang berkecimpung di bidang pendidikan. E-learning pada dasarnya berfungsi untuk memudahkan murid untuk bertatap muka dengan si pengajar. Tatap muka yang dimaksud di e-learning adalah murid tidak usah bertemu langsung dengan pengajar melainkan hanya melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya. Kegiatan seperti memberikan materi belajar, melakukan ujian, mengirim tugas, mengecek nilai dapat dilakukan secara elektronik.
       Perkembangan e-learning didukung dengan banyaknya web bernuansa pendidikan yang dibangun sehingga memudahkan pengaksesan pendidikan oleh siapapun yang ingin belajar tanpa dibatasi oleh umur dan gender. Salah satu contoh web nya adalah http://cyberschooldps.net, web ini berisi tentang jaringan online antar sekolah-sekolah di kota Denpasar serta terbuka akses internet secara global. Di dalam website tersebut terdapat informasi-informasi mengenai sekolah-sekolah yang ada di kota Denpasar dari PAUD (Pendidikan Anak Usua Dini) hingga Sekolah Menengah Atas. Website tersebut membagi juga wilayah yang ada di kota Denpasar untuk lebih mudah jika ingin mencari informasi tentang sekolah-sekolah yang ada di Denpasar. Wilayah-wilayah tersebut atas Denpasar Barat, Denpasar Timur, Denpasar Utara dan Denpasar Selatan.
        Sebenarnya mungkin masih banyak lagi web-web yang berisi informasi-informasi di bidang pendidikan tapi intinya adalah telematika sangat membantu manusia di berbagai bidang sebagaimana yang saya contohkan diatas. Pastinya telematika akan terus berkembang dan sekarang tinggal manusianya itu sendiri apakah ingin mengikuti teknologi tersebut atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar