Test

terima kasih telah mengunjungi blog saya

Rabu, 28 Oktober 2009

PENGERTIAN DAN DAMPAK KOMUNIKASI BAGI KEHIDUPAN

A.Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah suatu topik yang amat sering diperbincangkan, bukan hanya di kalangan ilmuwan komunikasi, melainkan juga di kalangan awam, sehingga kata komunikasi itu sendiri memiliki terlalu banyak arti yang berlainan. Namun begitu istilah-istilah komunikasi sudah sedemikian lazim di kalangan kita semua, oleh karena itu langkah awal untuk memperbaiki pemahaman atas fenomena yang rumit ini adalah membuat kesepakatan dalam mendefinisikan. Komunikasi massa sendiri terdiri dari dua kata yakni “komunikasi” dan “massa”.

Kata komunikasi atau communication dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin communis yang berarti “sama”, communico, communication, communicare yang berarti “membuat sama” (to make common). Istilah pertama (communis) adalah istilah yang paling sering disebut sebagai asal-usul kata komunikasi, yang merupakan akar dari kata-kata Latin lainnya yang mirip. Komunikasi menyarankan bahwa suatu pikiran, suatu makna, atau suatu pesan dianut secara sama. Kata lain yang mirip dengan komunikasi adalah komunitas (community) yang juga menekankan kesamaan atau kebersamaan.

Ada tiga konseptual komunikasi agar dapt memahami komunikasi sebagaimana dikemukakan oleh John R. Wenburg, dan William W. Wilmot, juga Kenneth K. Sereno dan Edward M.Bodaken, yakni:

1.Komunikasi sebagai tindakan satu-arah

Michaael Burgoon menyebutnya sebagai “definisi berorientasi-sumber” (source-oriented definition). Mengisyaratkan komunikasi sebagai semua kegiatan yang secara sengaja dilakukan seseorang untuk menyampaikan rangsangan membangkitkan respon orang lain.

Harold Lasswell menyatakan bahwa cara yang baik untuk menggambarkan komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect? atau Siapa Mengatakan Apa Dengan Saluran Apa Kepada Siapa Dengan Pengaruh Bagaimana?

2.Komunikasi sebagai interaksi

Pandangan ini menyetarakan komunikasi dengan proses sebab-akibat atau aksi-reaksi, yang arahnya bergantian. Komunikasi sebagi interaksi dipandang sedikit lebih dinamis daripada komunikasi sebagi tindakan satu-arah. Namun pada pandangan ini masih membedakan para peserta sebagai pengirim dan penerima pesan, karena itu masih berorientasi pada sumber.

3.Komunikasi sebagai transaksi

John R. Wenburg dan William W. Wilmot : “Komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna.” Donald Byker dan Loren J.Anderson : “Komunikasi (manusia) adalah berbagi informasi antara dua orang atau lebih.” William I. Gorden : “Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.”


Ada beberapa sifat yang melekat pada komunikasi seperti yang dikemukakan Liliweri :

1.Sifat Komunikator

Sesuai dengan hakikatnya dalam sifat penggunaan media / saluran secara profesional dengan teknologi tinggi melalui usaha-usaha industri maka pemilikan media massa bersifat lembaga, yayasan, organisaasi usaha yang mempunyai struktur dan penjelmaan tugas, fungsi-fungsi serta misi tertentu.

2.Sifat Pesan

Pesan komunikasi bersifat umum, universal tentang berbagai hal dari tempat di muka bumi. Tidak ada pesan komunikasi yang hanya ditujukan kepada suatu masyarakat tertentu.

3.Sifat Media Massa

Sebenarnya salah satu sifat yang khas dalam komunikasi adalah sifat media massa. Pesan akan menjangkau khalayak dengan cara yang cepat serta tepat dan terus menerus dengan bantuan industri. Hal ini akan berfungsi mengatur hubungan antara komunikator dan komunikan yang dilakukan secara serempak dan menjangkau berbagai titik pemukiman di muka bumi pada waktu yang sama.

4.Sifat Komunikan

Komunikasi dalam suatu komunikasi massa adalah khalayak. Khalayak merupakan masyarakat umum sangat beragam, heterogen dalam segi demografis, geografis maupun psikografis.

5.Sifat Dampak

Secara umum terdapat tiga dampak dari komunikasi berdasarkan teori hierarki dampak, yaitu:

a.Dampak kognitif pesan komunikasi mengakibatkan berubahnya khalayak dalam hal pengetahuan, pandangan, dan pendapat terhadap sesuatu yang diperolehnya.

b.Dampak afektif, dimana pesan komunikasi mengakibatkan berubahnya perasaan tertentu khalayak.

c.Dampak konatif, akibat pesan komunikasi orang mengambil keputusan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

6.Sifat Umpan Balik

Umpan balik dari suatu komunikasi biasanya lebih bersifat tertunda dari pada umpan balik langsung dalam komunikasi antarpribadi / delayed feedback (Liliweri, 1991)

Fungsi dari komunikasi adalah :

1.Informasi

Pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penyebaran berita, data, gambar, fakta, dan pesan yang dibutuhkan agar orang dapat mengerti dan bereaksi secara jelas terhadap kondisi internasional, lingkungan, dan orang lain, serta dapat mengambil keputusan yang tepat.

2.Sosialisasi

Penyediaan sumber ilmu pengetahuan yang memungkinkan orang bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat yang adaptif yang menyebabkan orang tersebut sadar akan fungsi sosialnya sehingga dapat aktif dalam masyarakat.

3.Motivasi

Menjelaskan tujuan yang ingin dicapai masyarakat, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Agar proses komunikasi mudah dipelajari, kita sengaja menciptakan titik awal dan titik akhir. Untuk menganalisa dinamika proses komunikasi, maka dilakukan pemenggalan proses yang telah dihentikan tersebut. Diawali dengan komunikator (source) yang menyampaikan pesan (message) sampai menimbulkan perubahan (effect) pada komunikan (audience). Penggalan proses ini dinyatakan dalam suatu model S-M-C-R-E-A. Namun kita tidak akan lebih dalam membahas proses komunikasi massa, kita akan membahas dampak atau dampak dari komunikasi massa.

Dampak komunikasi bagi diri saya pribadi

Mungkin komunikasi sulit untuk dipisahkan bagi kehidupan kita semua khususnya bagi diri saya pribadi karena kalau kita tidak berkomunikasi kita bagaikan katak dalam tempurung maksudnya adalah kita hidup tapi kita tidak tahu apa yang terjadi dalam kehidupan ini. Mungkin bagi saya komunikasi itu penting tapi kadang-kadang saya merasa bahwa komunikasi tidak penting dan bisa berbahaya. Misalnya saja kita bergosip dengan teman mungkin menurut kita itu mengasyikkan tetapi komunikasi seperti itulah yang saya maksud tidak penting. Komunikasi yang bisa membahayakan diri kita sendiri contohnya Sekitar 3 atau 4 bulan yang lalu kita sering mendengar sebuah nama yang mungkin di setiap televisi menayangkan ia, ia adalah prita akibat ia menyebarkan e-mail yang berisi keluhan kepada rumah sakit Omni Internasional ia dilaporkan ke polisi oleh rumah sakit tersebut.Ia menyatakan bahwa rumah sakit Omni Internasional telah melakukan mal praktek kepadanya akhirnya ia dipenjara akibat tuduhan tersebut.

Mungkin diatas saya telah membahas tentang dampak negatif komunikasi bagi saya.Sekarang saya ingin menjelaskan dampak positif bagi diri saya pribadi. Mungkin komunikasi bagi saya sangat banyak manfaatnya contohnya saja saya sedang mengerjakan tugas ini tidak mungkin saya bisa mengerjakan tanpa adanya komunikasi. Komunikasi yang saya pakai adalah komunikasi sebagai tindakan satu arah maksudnya saya hanya berkomunikasi seorang diri tidak ada tindakan aksi reaksi karena saya hanya berkomunikasi hanya dengan internet.contoh lainnya adalah handphone,mungkin saat ini kita sulit untuk menemukan orang yang tidak mempunyai handphone karena handphone itu sendiri mempunyai manfaat yang banyak sekali contonya kita bisa berbincang-bincang kepada keluarga,teman saudara dengan jarak jauh tanpa kita harus berada di hadapan mereka dan juga kita bias menulis pesan yang disertai dengan gambar yang disebut MMS.

Manfaat komunkasi bagi saya sebenarnya masih banyak sekali tapi menurut saya pribadi komunkasi itu bermanfaat bagi kita,tergantung pada kita yang menggunakan apakah komunikasi tersebut kita bawa kearah positif atau kearah negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar