Test

terima kasih telah mengunjungi blog saya

Selasa, 01 Juni 2010

Jepang Siaga Angin Topan

Angin topan kuat mendekati kepulauan utama Jepang, mengancam pusat-pusat industri berpenduduk padat dengan hujan deras dan angin kencang.

Badan Meteorologi Jepang menyebutkan, Topan Melor merupakan badai yang paling kuat dalam kurun 10 tahun terakhir yang bakal menghantam pulau-pulau utama Jepang jika ia mencapai daratan.

Tayangan televisi menunjukkan gelombang laut menggempur pulau-pulau kecil di pantai selatan Jepang, sementara topan bergerak ke timur laut menuju pulau utama Honshu.
Mata badai berada 250 km (155 mil) selatan Tanegashima pada pukul 07.00 WIB, Rabu (7/10/2009). Badai dapat mencapai daratan di sebelah barat Tokyo pada Kamis esok.

Dilaporkan Reuters, hujan dengan intensitas 400 mm diperkirakan terjadi selama 24 jam di wilayah Tokai, yang meliputi pusat industri Nagoya. Badan Meteorologi juga memperingatkan terjadinya angin kencang, angin ribut, dan banjir di selatan Jepang.

Toyota Motor Corp, produsen automotif raksasa, tidak akan membuka pabriknya di daerah Nagoya pada Kamis esok karena ancaman topan.

"Kami belum memutuskan apakah akan melakukan perubahan siang hari besok," kata juru bicara Toyota.

Melor, yang sebelumnya telah digolongkan sebagai Topan Super Kategori 5, sekarang menempati Kategori 1. Badai Kategori 1 dapat membawa angin hingga 153 km per jam.

Laporan televisi memperingatkan adanya kemiripan topan kali ini dengan badai mematikan tahun 2004 yang menewaskan 95 orang, menghentikan transportasi, dan mengganggu aktivitas produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar