Test

terima kasih telah mengunjungi blog saya

Rabu, 09 Juni 2010

Parade Partai Pembuka Piala Dunia

Wakil Afrika mencuri perhatian dengan mengalahkan juara bertahan di partai pembuka. Kamerun membekuk Argentina di tahun 1990, sedang Senegal mengatasi Prancis 12 tahun berselang.

Piala Dunia 1982: Belgia vs Argentina
Nou Camp, Barcelona menjadi saksi juara dunia Argentina harus takluk pada Belgia di partai pembukaan. Belgia menang 1-0 dengan Erwin Vandenbergh mencetak gol di menit ke-62. Gol ini sekaligus gol pertama bagi Belgia selama 20 tahun terakhir. Walaupun ini merupakan laga perdana Diego Maradona, namun penampilan Ludo Coeck (Belgia) menjadi sorotan pada laga ini.

Piala Dunia 1986: Bulgaria vs Italia
Enam belas tahun berlalu sejak Piala Dunia diselenggarakan di Meksiko 1970, juara dunia Italia dan Bulgaria membuka laga perdana dengan skor 1-1 di Stadion Azteca, Meksiko City. Alessandro Altobelli, pemain yang mencetak gol penentu kemenangan Italia di final 1982, mencetak gol pertamanya di turnamen ini (43'). Nasko Sirakov (Bulgaria) menyamakan kedudukan 5 menit sebelum peluit panjang.

Piala Dunia 1990: Kamerun vs Argentina
Laga perdana ini diselenggarakan di San Siro, Milan dengan hasil 1-0 untuk kemenangan Kamerun. Argentina yang telah meraih dua kali gelar juara dunia, harus menyerah pada pada partai pembuka, sama seperti pada tahun 1974. Omam Biyick mencetak satu satunya gol di partai ini namun Kamerun harus berakhir dengan sembilan pemain setelah Kana Biyick dan Benjamin Massing terkena kartu merah.

Piala Dunia 1994: Jerman vs Bolivia
Juergen Klinsmann mencetak gol tunggal bagi Jerman yang menjadi Juara Dunia sebelumnya setelah satu jam pertandingan berjalan di Soldier Field, Chicago. Bolivia, yang tampil kembali dari absen sejak 1950, terpaksa bermain dengan 10 pemain karena pemain pengganti Marco Etcheverry yang baru bermain empat menit diusir wasit pada menit ke-82. Kedudukan 1-0 tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Piala Dunia 1998: Brasil vs Skotlandia
Juara dunia Brasil membuka kemenangan di State de France, Saint Dennis dengan skor 2-1. Cesar Sampaio membuka keunggulan Brasil saat pertandingan baru berjalan 4 menit kemudian dibalas dengan John Collins yang berhasil menyamakan kedudukan hingga akhir babak pertama. Brasil memastikan kemenangan setelah pemain Skotlandia, Tom Boyd melakukan gol bunuh diri pada menit ke-73.

Piala Dunia 2002: Senegal vs Prancis
Piala Dunia pertama yang diselenggarakan di Asia ini dibuka dengan partai unik antara Senegal dan Prancis dengan hasil 1-0. Fakta bahwa semua pemain Senegal bermain di liga Prancis dan dilatih oleh orang Prancis membuat juara dunia yang lalu ini dibuat terkejut dikalahkan negara bekas jajahannya sendiri. Papa Bouba Diop mencetak satu satunya gol ke gawang Prancis pada menit ke-30. Ia merayakannya dengan melepas kaosnya dan menari bersama timnya.

Piala Dunia 2006: Jerman vs Kosta Rika
Untuk pertama kalinya sejak 1970, tuan rumah bermain di laga pembukaan Piala Dunia dan Jerman berpesta gol dengan skor 4-2 dan memuaskan penonton di Munich. Phillip Lahm menjadi pencetak gol pertama bagi Jerman sekaligus pengukir skor pertama di turnamen kali ini. Dua gol Miroslav Klose plus satu dari Torsten Frings mengantarkan Der Panzer menang 4-2. Ada pun seluruh gol Kosta Rika diborong Paulo Wanchope.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar