Test

terima kasih telah mengunjungi blog saya

Kamis, 17 Juni 2010

Ratusan Gay Turki Hadiri Protes

Sekira 300 kaum gay, lesbian dan transeksual ambil bagian dalam protes mendukung kehormatan hak kaum gay di Istanbul, Turki. Mereka memprotes diskriminasi terhadap kaum gay di negara bermayoritas agama Islam tersebut.

"Homoseksual saat ini sekarat dan pemerintah tidak menyadari itu," ucapan para pengunjuk rasa. Dalam protes tersebut, beberapa nama kaum gay yang terbunuh dalam beberapa bulan terakhir di Turki juga turut dibacakan dalam protes tersebut. Demikian diberitakan AFP, Selasa (15/6/2010).

Dalam pesan mereka yang ditujukan kepada Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan pada Februari lalu, kelompok pembela gay mengecam pembunuhan atas 16 transeksual dalam waktu 16 bulan terakhir.

Homoseksualitas memang tidak ilegal di Turki, sebagian dari mereka bahkan ada yang meraih sukses dengan menekuni bidang hiburan di negara tersebut. Namun terlepas dari sekularitas di Turki, tetap saja tekanan sosial terhadap kaum gay di Turki amatlah besar. Bahkan mereka seringkali mendapatkan serangan dari warga-warga sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar